Posts Tagged ‘copernicus’

Tempo hari entah kapan tanggal nya, gw nemu wacana tentang geosentris dan heliosentris yang ternyata sampai sekarang masih diperdebatkan. Mungkin wacana lama tapi baru banget di gw karena mang gw selalu telat update berita2 begituan secara 6 bulan belakangan ini pikiran gw tercurah di masalah2 astrologi (pyuuuuuhhh banget deh). Back! seperti yang kita tau teori geosentris menyatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya dan segala benda2 angkasa mengelilinginya. Sedangkan teori heliosentris berbunyi matahari adalah pusat tata surya dan segala benda2 angkasa mengelilingi nya. By the way tuh teori berdua ditemukan siapa ya??? haxhaxhax, Nicholas Copernicus atau Galileo Galilei??? Ehh Galileo Galilei tuh satu orang atau 2? hihihi..

Gb1. Tata Surya versi gw dapet googling

Gw persempit ke teorinya aja yaa.. setau gw teori geosentris kan dipatahkan oleh teori heliosentris jadi seumur hidup gw tau nya matahari adalah pusat tata surya dan segala benda2 angkasa mengelilinginya. Belum lagi wacana tentang galaksi. Tata surya kita berada di galaksi bimasakti yang ternyata buanyaaaaaak banget galaksi2 lain di alam semesta ini. Konon tiap2 galaksi mempunya pusat nya sendiri2 beserta planet2 nya (pokoknya Insya Alloh gitu lah yaa). Nah nah nah..ternyata ehh ternyata ada lagi teori baru bernama teori absolutivitas yang ngeyel banget bilang bahwa bumi adalah pusat tata surya, yang berarti bahwa dia atau sekelompok orang yang menciptakan teori itu (teori absolutivitas) membenarkan teori geosentris.

Well..akhirnya gw inbox ke si empu nya yang punya tulisan itu, yang jelas dia bukan empu gandring atau empu tantular. Gw tanya apa buktinya bumi adalah pusat tata surya dan kalu memang bumi adalah pusat tata surya berilah penjelasan yang make sense. Berikut penjelasan dia:

Keduanya tidak benar sepenuhnya dan tidak salah sepenuhnya…
Heliosentris: Helion = matahari, sentris (center) = pusat. Artinya matahari pusat alam semesta (sebelum manusia dapat membedakan taa surya dan alam semesta karena belum ada teleskop). Sisi salahnya bahwa matahari bukanlah pusat alam semesta (universe). sisi benarnya BUMI mengelilingi matahari bila dilihat dari LUAR ANGKASA.
Geosentris: (Geo =Bumi), sentris (center) = pusat. Artinya bumi usat alam semesta dan segala benda angkasa mengelilinginya. Sisi salahnya adalah matahari mengelilingi bumi baik dilihat dari bumi (BENAR) maupun DILIHAT DARI ANGKASA (salah!).

Teori Absolutivitas:
(1) Bumi adalah kerangka acuan absolut (mutlak) dimana hukum fisika adalah sama untuk seluruh kerangka acuan inersia terhadap bumi dan berlaku universal terhadap seluruh gerak di alam semesta.
(2) Bumi adalah pusat dari alam semesta berdasarkan kerangka acuan mutlak bumi yang berlaku universal.

Konsekuensinya: MATAHARI mengelilingi BUMI bila dilihat dari BUMI!!!, terbit dari timur dan =tenggelam ke ufuk barat karena bumi sebagai kerangka acuan gerak yang diam. Ini bukan berarti geosentris yang apabila dilihat dari luar angkasa matahari mengelilingi bumi… tidak!. akan tetapi bumi mengelilingi matahari bersama merkurius, venus, mars, jupiter, saturnus uranus dan neptunus…. do you understand?

Hadeeeeeeeehhh ternyata pusat tata surya ini matahari atau bumi yang menjadi pijakan nya adalah kerangka acuan atau sudut pandang..point of view kalau Barack Obama bilang. Nah, lu pilih mana??? Galileo apa Galilei???!!! (!@#$%^&*&^%$#@!) Wkwkwkwkwk!